Riwayat hidup Sayidah Khadijah as (2)

Riwayat hidup Sayidah Khadijah as (2)
Share

Oleh: Ust Ali As-Shofi

Pengakuan Aisyah dan pujian rasulullah SAW

Aisyah pernah berkata, “Aku tidak pernah cemburu kepada istri-isrti Rasulullah kecuali pada Khadijah. Walaupun aku tidak pernah melihatnya, akan tetapi Rasulullah sering menyebutnya setiap saat.

Ketika beliau memotong kambing, tak lupa beliau sisihkan dari sebagian daging tersebut untuk kerabat-kerabat Khadijah. Ketika aku katakan, seakan-akan tidak ada wanita di dunia ini selain Khadijah. Beliau berkata, sesungguhnya dia telah tiada dan dari rahimnya aku dapat keturunan.”

Aisyah berkata, “Dulu Rasulullah SAW setiap keluar rumah, hampir selalu menyebut Khadijah dan memujinya. Pernah suatu hari beliau menyebutnya sehingga aku merasa cemburu. Aku berkata, ‘Apakah tiada orang lagi selain wanita tua itu. Bukankah Allah telah menggantikannya dengan yang lebih baik?’

Lalu, Rasulullah marah hingga bergetar rambut depannya karena amarah dan berkata, ‘Tidak, demi Allah, Tidak ada ganti yang lebih baik darinya.

Karena memang Sayidah Khadijah adalah salah satu wanita terbaik di muka bumi.

روي عن جابر بن عبد الله الأنصاري أنه سمع رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم يقول: سيدات نساء أهل الجنة أربع: مريم بنت عمران، وفاطمة بنت رسول اللّه صلى الله عليه وآله وسلم، وخديجة وآسية.

Oleh Karena itulah nabi SAW tidak menikah lagi dengan wanita lain pada saat Khadijah masih hidup.

2. Dia percaya padaku di saat semua orang ingkar, dan membenarkanku di kala orang-orang mendustakanku.  Dalam mustadrok sahihain alhakim

خديجة بنت خويلد سابقة نساء العالمين إلى الإيمان باللّه وبمحمّد صلّى‌ الله‌ عليه‌ وآله »

(المستدرك على الصحيحين / الحاكم النيسابوري ٣ : ٢٠٣ / ٤٨٤٦.)

3. Memberikan hartanya ketika manusia telah mengharamkan harta untukku.

ووَجَدَك عَائِلا فاغنى

Tatkala menjelang ajalnya, Sayyidah Khadijah Al-Kubra binti Khuwaylid, isteri tercinta saw, yang sepanjang hidupnya mengabdi kepada Nabi, menyediakan jiwa raganya, bahkan menghabiskan seluruh hartanya untuk dakwah Nabi. Kepada Nabi Saw, yang juga suaminya, ia berujar:

”Ya Rasulullah SAW, tiada lagi harta dan hal lainnya yang bersamaku untuk aku sumbangkan demi dakwah. Andai selepas kematianku, tulang-tulangku mampu ditukar dengan dinar dan dirham, maka gunakanlah tulang-tulangku demi kepentingan dakwah yang panjang ini”.

4. Dan Allah telah mengaruniaiku dari rahimnya beberapa anak di saat istri-istriku tidak membuahkan keturunan.’

Dari hadits ini jelas bahwa satu2nya keturunan Rasulullah SAW adalah dari Khadijah AS saja.

Kemudian Aisyah berkata, ‘Aku bergumam pada diriku bahwa aku tidak akan menjelek-jelekannya lagi selamanya.”


5.وروي أنه أتى جبرئيل النبي(صلى الله عليه وآله وسلم)فقال: هذه خديجة قد أتتك معها إناء مغطّى فيه إدام أو طعام أو شراب، فإذا هي أتتك فاقرأ عليها السلام من ربّها ومنّي وبشّرها ببيت في الجنّة من قصب لا صخب فيه ولا نصب

Dalam sebuah hadits disebutkan, bahwa Jibril pernah menemui Rasulullah dan berkata kepada beliau, “Wahai Rasulullah, Khadijah sebentar lagi akan datang sambil membawa bejana berisi lauk pauk, makanan dan minuman. Maka, jika ia telah tiba, sampaikan salam untuknya dari Rabbnya dan dariku. Dan sampaikan pula kabar gembira untuknya, yaitu sebuah rumah dari mutiara-mutiara di surga. Tidak ada keributan di dalamnya dan tidak pula ada kepayahan.” (HR. Bukhari)

Wafatnya Sayidah Khadijah AS

Beliau as wafat tiga tahun sebelum hijrah pada tanggal 10 Ramadhan. Walaupun banyak ikhtilaf tentang tanggal dan tahun wafatnya beliau. Pada saat beliau wafat, Rasululah bukan hanya mengiringi jenazahnya namun dia juga ikut turun ke kuburan sayidah Khadijah AS.

Pusara Sayidah Khadijah selalu menjadi pusat yang diziarahi pada saat itu, namun pada tahun 1344 H wahabi Ibnu saud meratakan pusara beliau dengan tanah.

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel